.
Home » » Sistem Koordinat Kartesius

Sistem Koordinat Kartesius

Sistem Koordinat Kartesius (Cartesian Coordinate) yaitu suatu sistem koordinat yang digunakan untuk menentukan suatu posisi, dimana digunakan jarak dari variabel x dan variabel y untuk menentukan posisi suatu titik dari jarak asal (0,0). Pada Sistem Koordinat Kartesius dasarnya terdiri dari dua jenis sistem koordinat , yaitu koordinat kartesius 2D dan Sistem Koordinat Kartesius 3D.

Sistem Koordinat Kartesius 2D ditentukan dari pemberian nilai pada dua jenis sumbu, yaitu sumbu X dan sumbu Y, dimana variabel X berada pada ruas garis horisontal, sedangkan untuk sumbu Y berada pada ruas garis vertikal (x,y). Antara kedua sumbu tersebut bertemu pada satu titik yang biasa kita sebut titik origin yang mana antara keduanya membentuk garis yang saling tegak lurus. Sedangkan Sistem Koordinat Kartesius 3D ditentukan dari pemberian nilai pada 3 jenis sumbu, yaitu sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z (x,y,z)


untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :


Pada gambar tersebut bisa kita lihat, pada gambar dengan x positif dan y positif terdapat nilai x = 1 dan y = 3 yang berhenti di suatu titik yaitu titik  (1,3). dari jarak asal (0,0). Untuk Selanjutnya pada bidang (-x,y) , (-x,-y), dan (x,-y) sama seperti pada penjelasan pertama, yang perlu diingat yaitu arah pada kedua sumbu dimana sumbu x dan ya terdapat nilai positif dan negatif tergantung dari arah pada kedua sumbu tersebut.

Semoga artikel yang berjudul Sistem Koordinat Kartesius yang merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya Sistem Koordinat Pada Autocad dapat berguna bagi pembaca, dan apabila ada koreksi silahkan tulis dalam kolom komentar,bila terdapat kesalahan penulis dapat langsung mengkoreksi artikel ini, terima kasih.



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.