.
Home » » Sistem Koordinat Relatif

Sistem Koordinat Relatif

Melanjutkan materi pembahasan sebelumnya dari Sistem Koordinat AutoCAD, sekarang penulis akan membahas Sistem Koordinat Relatif yaitu suatu sistem yang digunakan untuk menunjukkan jarak relatif dari titik terakhir ke arah X,Y dalam bidang 2D dan arah X,Y,Z dalam bidang 3D. Dalam penulisan format Sistem Koordinat Relatif yaitu @(X),(Y) pada bidang 2D dan @(X),(Y),(Z) pada bidang 3D.

Langkah untuk memasukkan suatu nilai dalam Sistem Koordinat Relatif 2D yaitu berdasarkan panjang dan lebar titik berikutnya dari titik saat ini, dimana dalam penulisannya yaitu @panjang,lebar.  Sementara untuk Sistem Koordinat Relatif 3D ditambahkan suati nilai ketinggian titik setelah kita memasukkan nilai panjang dan lebar dengan cara memberikan koma sebagai pemisah nilai dimana untuk sistem penulisannya yaitu @panjang,lebar,tinggi.

untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :


Dalam gambar diatas dapat dijelaskan bahwa titik awal yaitu bukan (0,0) melainkan pada sumbu (3,3) dilanjut dengan menggunakan Sistem Koordinat Relatif dengan jarak @4,2 dari titik awal (3,3), jadi pertama tentukan titik awal (3,3) dilanjut dengan memasukkan nilai X dan Y sebesar @4,2 untuk titik selanjutnya bukan memasukkan nilai (7,5) karena kita memulai dari titik awal (3,3). lain halnya apabila kita memulai dari titik (0,0) maka pada titik kedua dapat kita sebut (7,5).

Demikian Penjelasan Sistem Koordinat Relatif, apabila terdapat pertanyaan dalam artikel ini dapat anda posting dalam kolom komentar dibawah ini, terima kasih.

1 comments:

Powered by Blogger.